Cara mengosongkan ruang di ponsel Anda

Anda mengeluarkan ponsel untuk mengambil foto spontan… tetapi mendapatkan pesan kesalahan karena Anda tidak memiliki ruang untuk foto. Kehabisan ruang di ponsel Anda bisa menjadi bencana, tetapi itu benar-benar dapat dihindari.

Dan dengarkan: Kami di sini bukan untuk menghakimi Anda karena mengisi telepon Anda—itu bisa terjadi pada salah satu dari kami. Meskipun cara terbaik untuk mengosongkan ruang di ponsel Anda adalah dengan mempertahankan penyimpanan saat Anda menggunakannya, relatif mudah untuk membersihkan sampah saat sudah melewati titik tidak dapat dikembalikan.

Pindahkan foto dan video Anda ke cloud

Kotak dialog Foto Google yang menanyakan apakah pengguna ingin menghapus 1.322 item, berguna jika Anda ingin mengosongkan ruang di ponsel Anda.
Foto Google dapat menghapus gambar setelah Anda mencadangkannya. David Nield

Foto dan video dapat menghabiskan sebagian besar ruang di perangkat Anda, jadi merupakan ide bagus untuk memindahkan file-file ini sesegera mungkin. Anda dapat mentransfernya secara manual ke hard drive dari ponsel Apple atau Android, tetapi tidak semua orang memiliki waktu atau kesabaran untuk melakukannya. Jangan khawatir: Ada banyak aplikasi yang akan menyelesaikan pekerjaan untuk Anda. Ketahuilah bahwa jika Anda memiliki gambar berukuran gigabyte, Anda mungkin harus membayar beberapa dolar sebulan untuk menyimpannya di layanan cloud apa pun.

Salah satu opsi terbaik adalah Foto Google. Ini berfungsi di Android, iOS, Windows, macOS, dan web, dan memungkinkan Anda menyimpan hingga 15 GB foto dan video secara gratis. Tapi itu hanya jika akun Google Drive dan Gmail Anda kosong, karena ruang yang Anda gunakan dengan Foto Google dihitung untuk penyimpanan itu.

[Related: Organize your catastrophic digital photo library]

Di masa lalu, pengguna Foto Google memiliki ruang cloud tak terbatas untuk foto mereka selama mereka setuju untuk mengubah ukuran gambar menjadi maksimal 16 megapiksel dan film menjadi 1080p full HD (jadi tidak ada 4K). Pada tahun 2020, Google mengumumkan akhir dari kesepakatan manis ini, yang berarti setiap file baru akan diperhitungkan dengan ruang 15GB yang diberikan perusahaan kepada pengguna tingkat gratisnya.

Kabar baiknya adalah perubahan ini hanya berlaku untuk foto dan video baru, jadi jika Anda telah menggunakan Google Foto sejak sebelum 1 Juni 2021, apa pun yang Anda simpan di cloud sebelum itu akan disimpan di sana secara gratis. Bagus.

Jika menginginkan lebih banyak ruang, Anda harus membayar layanan Google One, mulai dari $20 per tahun untuk tambahan 100 GB.

Beranda untuk layanan iCloud Apple.
Gunakan iCloud untuk menyinkronkan foto Anda di perangkat Apple. David Nield

Opsi berbayar lainnya termasuk Apple iCloud (yang tidak akan berfungsi di ponsel Android), Microsoft OneDrive, Amazon Photos, dan Dropbox. Mereka semua akan bertahan di gambar ponsel Anda selama beberapa dolar sebulan. Tingkatan iCloud dan Dropbox serupa, sekitar $10 per bulan untuk 2TB ruang online, tetapi Anda harus memeriksa masing-masing situs untuk detail lebih lanjut. Foto Amazon sedikit outlier, karena penyimpanan foto beresolusi penuh tanpa batas dibundel dengan langganan Amazon Prime ($ 139 per tahun atau $ 15 per bulan). Dan jika Anda melihat OneDrive, Anda tidak akan bisa mendapatkan lebih dari 100GB ruang tanpa berlangganan Microsoft 365 ($70 per tahun atau $7 per bulan).

Opsi apa pun yang Anda pilih, aplikasi pilihan Anda akan secara otomatis mengurus pengunggahan foto dan video Anda. Anda kemudian dapat menghapus salinan lokal — beberapa aplikasi, seperti Google Foto dan iCloud, bahkan akan menangani ini untuk Anda — yang akan membuka penyimpanan ekstra di ponsel Anda. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan lengkap kami untuk pencadangan foto berbasis cloud.

Kurangi aplikasi dan game

Layar penyimpanan data di dalam iOS.  Menghapus aplikasi berat dapat membantu mengosongkan ruang di ponsel Anda.
Baik iOS dan Android akan memberi tahu Anda apa yang menghabiskan ruang di ponsel Anda. David Nield

Space hog terbesar berikutnya, setelah foto dan video, kemungkinan besar adalah aplikasi dan game Anda. Untuk menghindari kehabisan ruang, hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan secara teratur. Anda selalu dapat menginstal ulang tanpa membayar untuk kedua kalinya—Apple atau Google akan melacak apa yang telah Anda bayar.

Tapi tidak semua aplikasi sama-sama serakah, hemat ruang. Untuk melihat mana yang paling banyak menggunakan ruang, pengguna iOS dapat mengunjungi Pengaturankemudian Umumkemudian Penyimpanan iPhone. Di Android, buka Pengaturankemudian Penyimpananlalu ketuk Bebaskan ruang.

Anda kemudian dapat menghapus pelanggar terburuk. Di iOS, tekan dan tahan ikon aplikasi hingga kotak dialog muncul, lalu tekan Hapus Aplikasi. Di Android, tekan dan tahan ikon di laci aplikasi, lalu seret ke atas Copot pemasangan tautan di bagian atas. Di OS Google, Anda juga dapat menggunakan Bebaskan ruang fitur untuk menghapus aplikasi yang sudah lama tidak Anda buka. Ketuk saja Pilih file dibawah Hapus aplikasi yang tidak digunakandan pilih salah satu yang tidak dapat Anda lakukan—alat yang lebih berat akan berada di bagian atas daftar.

Itu "unduhan saya" antarmuka di dalam Netflix yang menunjukkan apa yang telah Anda unduh.  Hapus ini untuk mengosongkan ruang di ponsel Anda.
Aplikasi musik dan film mungkin memiliki unduhan yang dapat Anda hapus. David Nield

Selain ruang yang digunakan aplikasi itu sendiri, banyak juga yang menyimpan data—terutama konten seperti musik, podcast, film, dan acara TV yang mungkin telah Anda simpan secara lokal untuk penggunaan offline. Aplikasi apa pun yang Anda gunakan, mereka harus menyertakan opsi untuk menghapus file yang disimpan secara lokal sehingga Anda dapat mengosongkan sebagian ruang di ponsel Anda, meskipun prosesnya akan berbeda dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Di Netflix, misalnya, cukup ketuk Download tombol di bagian bawah layar Anda untuk mengelola judul yang telah Anda simpan ke perangkat Anda.

[Related: Hack Netflix with these add-ons and tricks]

Aplikasi lain—seperti Facebook, aplikasi perpesanan, dan browser—juga akan menyimpan data, tetapi tidak dalam jumlah yang signifikan. Jadi tidak terlalu penting untuk mengawasi berapa banyak ruang yang mereka gunakan. Seperti yang kami sebutkan di atas, daftar aplikasi di dalam pengaturan ponsel Anda adalah tempat yang baik untuk memeriksa, dan Anda selalu dapat menghapus aplikasi besar sepenuhnya.

Tambahkan penyimpanan ekstra

Telepon dengan slot kartu memori diperpanjang dan kosong.
Banyak ponsel Android memungkinkan Anda memperluas penyimpanan dengan kartu memori. David Nield

Kiat sebelumnya akan membantu Anda menghapus file di ponsel Anda. Tetapi jika Anda ingin menyimpan file-file itu untuk akses offline yang mudah, Anda akan memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Tentu, kami dapat memberi tahu Anda untuk membeli ponsel yang memiliki penyimpanan lebih dari cukup — iPhone naik hingga 1TB akhir-akhir ini — tetapi ruang datang dengan harga tinggi dan tidak semua orang memiliki uang sebanyak itu. Selain itu, jika Anda sudah membeli ponsel yang rencananya akan Anda gunakan untuk beberapa tahun ke depan, Anda tidak akan membuangnya dan membeli yang baru hanya karena kehabisan ruang.

Untuk pengguna Android, ada opsi lain. Banyak ponsel dengan OS ini hadir dengan slot kartu microSD, yang merupakan cara cepat dan mudah untuk mendapatkan lebih banyak ruang untuk file dan aplikasi Anda. Dengan memasukkan kartu ini, Anda dapat menambahkan ruang ekstra hingga 1TB dengan harga sekitar $160, dan 512GB dengan harga lebih dari $50. Namun, sebelum Anda membeli, periksa kembali apakah kartu tersebut akan berfungsi dengan telepon Anda.

Bagaimana ponsel Android Anda “melihat” kartu akan berbeda-beda tergantung pada pabrikan mana yang membuat ponsel Anda dan versi Android mana yang Anda jalankan. Beberapa telepon memungkinkan Anda menjalankan aplikasi di kartu, sementara yang lain hanya memungkinkan Anda menyimpan foto dan video, dan dokumen seperti PDF di penyimpanan ekstra. Bahkan jika itu yang terakhir, memindahkan file tersebut akan secara otomatis mengosongkan ruang di memori internal ponsel Anda.

IPhone Apple tidak menampilkan memori internal yang dapat diperluas, tetapi Anda dapat membeli periferal tambahan, seperti SanDisk iXpand, untuk meningkatkan penyimpanan yang tersedia. Dongle ini adalah solusi pencadangan otomatis yang efektif yang menarik foto dan video dari perangkat Anda sehingga Anda dapat menghapus yang asli. Mereka bisa berguna, tetapi Anda tidak benar-benar memperluas ruang yang tersedia di ponsel Anda seperti Anda menggunakan kartu memori tambahan Android.

Atur ulang ponsel Anda secara teratur

Layar reset pabrik pada ponsel Android.  Reset akan membantu Anda mengosongkan ruang di ponsel Anda.
Android memperingatkan Anda tentang apa yang akan hilang selama penyetelan ulang. David Nield

Tidak ada trik hemat ruang yang bekerja lebih baik pada ponsel cerdas Anda daripada menjalankannya melalui reset pabrik setiap saat. Ini secara efektif mengembalikan handset Anda ke keadaan semula saat Anda pertama kali membelinya — yang berarti sama sekali tidak ada yang tersisa di sana selain yang telah diinstal sebelumnya oleh pabrikan dan Apple atau Google.

[Related: How to reset your devices without losing everything]

Apa yang membuat sebagian besar orang tidak menjalankan proses ini adalah proses ini menghapus foto, video, pesan, aplikasi, dan semua hal lainnya dari ponsel Anda—jadi Anda harus memulai dari awal. Artinya, sebelum memulai, Anda harus benar-benar yakin bahwa Anda telah mencadangkan semua yang penting.

Meskipun demikian, dengan aplikasi dan layanan cloud-first saat ini, menyetel ulang ponsel bukanlah pendekatan bumi hangus seperti dulu. Jika semua email Anda ada di Gmail, lagu Anda ada di Spotify, gambar Anda ada di Foto Google, dan Anda telah mencadangkan dan mengunduh semua pesan Anda, prosesnya relatif tidak menyakitkan. Hitung ini sebagai alasan lain untuk beralih ke layanan berbasis cloud ini di masa mendatang.

Jika Anda telah memeriksa ulang bahwa Anda memiliki salinan semua yang ingin disimpan, Anda dapat menemukan opsi setel ulang di aplikasi Setelan. Itu di bawah Umum dan Transfer atau Reset iPhone di iOS, dan Sistem, Setel ulang opsi di Android. Ikuti petunjuk di layar dan Anda akan segera kembali ke awal sejauh menyangkut ponsel dan sistem operasinya. Dan lain kali, Anda akan mengetahui cara lebih berhati-hati dengan ruang penyimpanan ponsel Anda.

Cerita ini telah diperbarui. Ini awalnya diterbitkan pada 10 April 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *