Tips perawatan radang dingin, pencegahan, dan identifikasi gejala

Siapa pun yang tumbuh besar dengan bermain ski, naik eretan, atau membangun salju di halaman depan sangat akrab dengan rasa dingin di ekstremitas Anda yang perlahan-lahan bertambah menjadi rasa sakit saat Anda meluncurkan lebih banyak bola salju, mengambil satu putaran lagi di arena, atau melompat kembali. lift untuk sekali lari lagi.

Tetapi mengatasi rasa tidak nyaman yang dingin dapat menimbulkan konsekuensi yang bertahan lama jika jari-jari dingin atau fitur wajah memburuk menjadi radang dingin. Nyatanya, kehilangan sebagian jari tangan, kaki, pipi, atau hidung merupakan risiko nyata pada flu berat. Untungnya, ada cara untuk membantu mencegah hal itu terjadi dan mengobati cedera dingin yang mengancam pelengkap ini jika Anda atau seorang teman petualang menjadi korbannya.

Apa yang terjadi pada jari yang membeku

Frostbite, dan sepupunya yang kurang serius, frostnip, dalam istilah paling sederhana, adalah ketika kulit dan jaringan — yang sebagian besar terbuat dari air — membeku. Ini biasanya terjadi ketika mereka terkena suhu di bawah 32 derajat Fahrenheit, meskipun angin dingin juga berperan penting. Pada angin dingin -17 derajat, radang dingin dapat terjadi pada kulit yang terbuka dalam waktu kurang dari 30 menit. Area yang paling berisiko, seperti yang disebutkan di atas, adalah jari tangan, kaki, dan fitur wajah seperti pipi dan hidung.

Frostbite cenderung memengaruhi area ini karena satu alasan: sirkulasi. Atau lebih tepatnya, kekurangannya. Lihat, ketika di luar dingin, respons otomatis tubuh Anda adalah mengalihkan darah dari ekstremitas dan ke inti Anda di mana isolasi dalam bentuk otot, lemak, dan organ dapat mencegahnya membeku (dan di mana darah adalah yang paling penting untuk bertahan hidup) .

Tetapi lebih banyak darah yang memanas di inti Anda dan lebih sedikit di jari yang tidak berinsulasi berarti jaringan di area yang tidak panas itu menjadi lebih rentan terhadap pembekuan.

Dan ketika jaringan itu mulai membeku, kristal es mulai terbentuk dan mengembang saat air di kulit, sel, dan darah Anda menjadi padat, jelas Darby DeHart, paramedis dan petugas patroli ski di Brighton Resort di Utah. Kristal ini akan menembus jaringan dan sel seperti belati mikroskopis bergerigi.

Cara mengidentifikasi gejala radang dingin

Frostbite tidak terjadi begitu saja. Akan ada tanda-tanda peringatan dan perkembangan gejala. Ekstremitas yang hanya dingin kemungkinan besar akan terasa sakit dan terasa dingin saat disentuh, tetapi ketidaknyamanan itu akan mereda begitu Anda mengenakan sarung tangan atau menyelipkan penghangat kaki di sepatu bot Anda. Namun, jika dibiarkan tanpa pengawasan, kulit merah dan teriritasi adalah tanda pertama bahwa masalah sedang terjadi. Daerah yang terkena dapat berubah menjadi kekuningan atau abu-abu dan menjadi mati rasa dan kesemutan karena daerah dingin menderita frostnip.

Ketika rasa tidak nyaman itu berubah menjadi rasa sakit dan kulit menjadi putih, seperti lilin, dan tidak memantul kembali saat ditekan—atau jari tangan atau kaki tidak lagi bengkok—cedera dingin telah berkembang menjadi radang dingin dan Anda harus mengambil tindakan perlindungan dan mencari pertolongan medis. perhatian sesegera mungkin.

[Related: How to stay warm when sleeping in the frigid outdoors]

Namun, idealnya, Anda harus melakukan tindakan pencegahan sehingga Anda tidak perlu berpikir untuk mendiagnosis dan mengobati cedera dingin sejak awal.

Ambil langkah-langkah untuk mencegah radang dingin

Pertahanan pertama Anda terhadap radang dingin adalah menutupi, terutama area seperti jari tangan, kaki, dan fitur wajah di mana tidak ada sekat dalam bentuk lemak atau otot. Kenakan sarung tangan dan kaus kaki hangat, ditambah topi, pelindung leher, atau balaclava yang dapat ditarik menutupi hidung dan pipi, dan kenakan pakaian berlapis-lapis. Serius, bawalah lebih banyak pakaian daripada yang Anda pikir Anda butuhkan.

Jika kain saja tidak cukup untuk menahan rasa dingin, kemasi panas ekstra dalam bentuk kaus kaki dan sarung tangan berpemanas bertenaga baterai atau penghangat tangan dan kaki. Ini bisa menjadi penyelamat dalam suhu yang sangat dingin dan membuat bagian tubuh yang rentan tetap panas selama berjam-jam.

Tip pengobatan radang dingin

Jika cedera dingin telah berkembang menjadi radang dingin atau radang dingin, DeHart mengatakan untuk menghangatkan kembali daerah yang terkena dampak sesegera mungkin, sebaiknya di dalam air yang dipanaskan antara 100 dan 104 derajat Fahrenheit — sedikit lebih tinggi dari suhu normal tubuh Anda. Semakin panas dan Anda bisa melakukan lebih banyak kerusakan, jadi aturannya rendah dan lambat. Rendam area yang terkena sampai tidak lagi putih dan berlilin.

Tetapi DeHart bersikeras bahwa Anda hanya boleh menghangatkan kembali area yang membeku jika Anda benar-benar yakin dapat menjaga area tersebut tetap hangat. Jika Anda terjebak di luar tanpa panas, mungkin saat berkemah musim dingin atau jika Anda terluka saat bermain ski dan sedang menunggu bantuan, lebih baik membungkus area tersebut untuk melindunginya dari paparan lebih lanjut, tetapi biarkan tetap dingin, instruksi DeHart.

Dia menjelaskan itu karena ketika kristal es melubangi jaringan, mereka tidak bersih dan runcing seperti es silinder sempurna — mereka tidak teratur dan cacat. Dan jika mereka meleleh dan membeku kembali, mereka akan melakukannya dalam bentuk yang berbeda, menusuk jaringan dengan cara yang baru dan mengerikan. Hal ini dapat mengakibatkan lebih banyak kerusakan karena radang dingin mulai mengganggu lapisan kulit dan subkutan lebih dalam.

Kapan mencari perhatian medis

Setiap kali Anda merasa menderita radang dingin, pergilah ke rumah sakit sesegera mungkin. Namun, penting untuk mengetahui bahwa tergantung pada tingkat keparahan cedera, penyembuhan mungkin merupakan proses yang menggigit kuku saat Anda menunggu untuk melihat apakah Anda akan kehilangan sebagian dari pelengkap yang terluka, DeHart memperingatkan. Itu karena setelah jaringan yang rusak dihangatkan kembali, area yang terkena mungkin membengkak dan berubah menjadi ungu atau hitam selama beberapa hari atau minggu berikutnya, tanda pasti bahwa amputasi sudah dekat.

Itu terjadi karena tubuh Anda memperhatikan tusukan mikroskopis yang disebabkan oleh pembekuan jaringan dan berusaha menyembuhkan dirinya sendiri melalui pembekuan. Tapi itu memotong sirkulasi, seringkali sepenuhnya, dan dapat mengakibatkan hilangnya sebagian area yang terkena, kata DeHart.

Rumah sakit mencoba menemukan cara untuk menjaga agar pembuluh darah pada jaringan yang rusak tetap terbuka menggunakan penghancur bekuan darah dan terapi fibrinolitik untuk menjaga sirkulasi tetap kuat dan mencegah pembentukan gumpalan, namun perawatan ini masih bersifat eksperimental.

Apa yang tidak boleh dilakukan saat Anda mengalami radang dingin

Jika Anda benar-benar mengalami radang dingin, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan. Jika lepuh terbentuk, jangan pecahkan atau pecahkan karena dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan jaringan. Dan jika kulit Anda memutih dan berlilin, jangan menggosok atau memijatnya untuk menghangatkannya kembali. Jaringan Anda rapuh pada saat itu, dan Anda bisa melepaskan kulitnya, kata DeHart.

Tetap aman dan hangat

Apa pun yang Anda lakukan, jika bagian tubuh Anda mulai sakit karena kedinginan, jangan menahannya atau menunggu untuk memberikan perhatian yang seharusnya. Terutama karena jika Anda pernah mengalami frostbite atau frostnip, kemungkinan besar Anda akan menderita lagi. Dengarkan tubuh Anda, dan jika flu menjadi masalah, segera tangani. “Obat pencegahan selalu merupakan obat terbaik,” kata DeHart. Anda tidak hanya dapat menyelamatkan jari tangan atau kaki Anda, tetapi Anda juga akan lebih menikmati waktu Anda di luar jika Anda tidak kesakitan atau tidak nyaman karena kedinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *