Kami mendapatkan Corvette yang dialiri listrik—inilah statistiknya

Hanya beberapa tahun yang lalu Chevrolet memulai debutnya dengan versi mid-engine pertama dari All-American Corvette yang terhormat. Setelah lebih dari enam dekade diselingi dengan bisikan dan desas-desus, Vette mid-engine akhirnya menjadi kenyataan, dan semuanya baru dari bawah ke atas untuk model tahun 2020. Corvette generasi kedelapan (biasa disebut C8) itu disebut-sebut sebagai yang tercepat dalam sejarah, memanfaatkan distribusi bobot yang lebih baik dan meningkatkan daya tanggap.

Kini Chevy melakukannya lagi, meluncurkan mobil sport baru pada 17 Januari yang menggemparkan pasar. Corvette E-Ray 2024 dialiri listrik untuk pertama kalinya dalam sejarah mobil, menggerakkan perusahaan General Motors menuju tujuan elektrifikasinya.

Begini cara kami sampai di sini.

Tujuh dekade berkuasa

General Motors membuat hati berdebar kembali pada tahun 2015 ketika mengajukan aplikasi untuk mematenkan nama E-Ray. Delapan tahun kemudian, mobil sport hybrid akhirnya menjadi kenyataan. Faktanya, E-Ray diluncurkan 70 tahun setelah prototipe Corvette pertama memulai debutnya di Motorama di New York City pada 17 Januari 1953. Setiap batch pertama Corvette berwarna putih dengan interior merah, hanya tersedia dengan atasan yang dapat dikonversi.

Sementara Corvette terkenal dengan V8 yang menderu-deru, Vette pertama dibangun di atas sasis mobil penumpang yang dimodifikasi dan digerakkan oleh mesin enam silinder segaris 3,9 liter yang disebut “Blue Flame”. Pada tahun 1955, Chevy menaikkan taruhan dengan V8 4.3 liter yang menghasilkan 195 tenaga kuda dipasangkan dengan manual tiga kecepatan.

[Related: Behind the wheel of the most technically advanced Corvette on the market]

Pada tahun 1966, Corvette adalah yang pertama mendapatkan mesin 427 kubik inci, salah satu dari beberapa opsi powertrain yang mencakup mesin blok kecil 327 kubik inci berkekuatan 300 tenaga kuda bersama dengan 427 yang lebih besar, yang hadir dalam 350-, 390- , dan versi 425 tenaga kuda. Dengan statistik seperti ini, tidak mengherankan jika daya tarik Corvette telah berkembang selama beberapa dekade dengan semua orang mulai dari astronot awal seperti Alan Shepard hingga Presiden Joe Biden dihitung sebagai penggemar.

Pada tahun 2019, tahun terakhir Corvette bermesin depan, mobil ini tersedia dengan V8 6.2 liter yang disedot secara alami dalam varian 455 dan 460 tenaga kuda. Z06 hadir dengan versi supercharged yang menghasilkan 650 tenaga kuda dan ZR1 yang bahkan lebih ganas menghasilkan 755 tenaga kuda dan torsi 715 pound-feet.

Adapun E-Ray yang akan datang, memasangkan mesin V8 6.2 liter dari model mid-engine 2022 bertenaga gas (disebut Stingray, istilah yang sudah ada di keluarga Corvette sejak 1960-an) dengan motor listrik untuk tenaga total. output 655 tenaga kuda dan torsi 630 pound-feet. Kombinasi ini memberikan penggerak semua roda E-Ray, dan merek tersebut mengatakan E-Ray adalah Corvette produksi tercepat dalam sejarah, dengan kecepatan nol hingga 60 mil per jam yang mengesankan dalam waktu 2,5 detik.

E-Ray adalah kelas berat

Corvette pertama itu beratnya kurang dari 2.900 pound. Selama beberapa dekade, mobil sport Chevy terus bertambah bobotnya, mencapai bobot sekitar 3.600 pound pada tahun 2020. Powertrain listrik seperti yang ada di E-Ray lebih berat daripada mesin berbahan bakar saja, membutuhkan kalkulasi yang direvisi untuk segala sesuatu mulai dari rangka hingga as ke roda dan ban.

Chevrolet mengatakan versi coupe dari E-Ray akan berbobot 3.980 pound, dan convertible menambah 76 pound dengan total 4.056 pound. Itu adalah mobil sport kelas berat, dibandingkan dengan Artura hybrid plug-in McLaren dengan berat 3.303 pound. Ini masih lebih ringan (dan secara eksponensial lebih murah) daripada Rimac Nevera all-electric ultra-eksklusif $ 2 juta, yaitu £ 4.750.

[Related: Strapping into the 2020 Chevrolet Corvette Stingray to take turns at 1.3 Gs]

Mulai dari sekitar $60.000, Stingray 2020 mid-engine yang dirancang ulang adalah model Amerika yang sangat terjangkau. E-Ray, bagaimanapun, mulai dari $ 104.295 dan mencapai $ 120.000 atau lebih dengan opsi.

Meskipun mungkin tidak ditakdirkan untuk menjadi terjangkau bagi massa seperti Stingray yang hanya menggunakan bahan bakar, ia masih dengan mudah mengalahkan harga saingannya seperti McLaren’s Artura dan Ferrari 296 GTB. Plus, E-Ray tidak membutuhkan colokan seperti McLaren dan Ferrari; paket baterai kecil 1,9 kilowatt E-Ray meregenerasi energi saat mobil melambat dan mengerem. Tidak seperti kendaraan serba listrik, E-Ray hybrid sangat bergantung pada mesin bertenaga gas dan menggunakan baterai untuk meningkatkan torsi dan menghemat bahan bakar.

Mode siluman dan banyak lagi

E-Ray juga akan memiliki posisi lebih rendah dan lebih lebar; keseluruhannya 3,6 inci lebih lebar dari Stingray dan menawarkan ruang siku yang sedikit lebih banyak. Selain itu, teknologi motor listrik baru akan memengaruhi suara kendaraan ikonik ini.

Percaya atau tidak, deru V8 yang menyenangkan bukanlah musik di telinga semua orang. Saat dalam mode hybrid, Corvette akan mempertahankan geraman khasnya. Namun, mereka yang lebih memilih pendekatan yang tidak terlalu mencolok di lingkungan sekitar akan menghargai Stealth Mode, yang merupakan mode penggerak semua-listrik yang senyap yang beroperasi hingga 45 mil per jam (semoga itu tidak mengejutkan pejalan kaki).

EV pada dasarnya tidak berisik, tetapi pembuat mobil seperti Ford telah menciptakan cara untuk membuat kendaraan bertenaga gas juga lebih senyap. Anda mungkin ingat debut Ford “Good Neighbor Mode” pada Mustang 2018, yang meredam suara mobil berotot dengan mengadaptasi fungsi knalpot aktif.

Saat AS terus mengeksplorasi cara baru untuk memperkuat infrastruktur EV dalam hal stasiun pengisian daya dan energi alternatif, E-Ray diatur waktunya dengan sempurna. Meskipun iterasi ini tidak perlu diisi karena ini adalah hybrid, kami berharap untuk melihat versi listrik berikutnya.

Sementara itu, diharapkan untuk melihat Corvette E-Ray 2024 tersedia untuk dijual akhir tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *